10 Kuliner Khas Bogor


Bogor adalah sebuah wilayah di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Daerah ini terletak di sebelah selatan Jakarta.. Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Pada masa kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram".

Hari jadi Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.

Sebagai salah satu tujuan wisata, Bogor juga memiliki banyak kuliner khas bogor, berikut ini adalah 10 kuliner khas bogor yang paling terkenal:


1. Asinan Bogor 
Asinan Bogor memang sangat diburu oleh pelancong, baik yang cuma jalan-jalan di kota ataupun yang pulang dari kebon raya, karena rasanya yang khas. Asinan Bogor terdiri dari dua macam yakni asinan buah dan asinan sayur. Rasanya yang khas, asem manis dan pedas serta kacangnya yang sangat terasa, membuat makanan ini disukai dan sangat tepat dijadikan oleh-oleh

2. Soto kuning




















Soto kuning khas bogor memiliki perbedaan dari kota-kota lainnya terutama dari bahan isiannya. Soto kuning bogor menggunakan beberapa jenis jeroan sapi sebagai isiannya seperti babat, limpa, usus, dan lainnya.

3. Toge Goreng
















Toge goreng, sebenarnya lebih tepat disebut toge rebus, karena kalau digoreng, maka identik dengan penggunaan minyak goreng atau margarin, namun toge dimasak dengan air alias direbus. Mungkin karena bentuk kualinya yang mirip dengan penggorengan, maka disebut-lah toge goreng.
Toge goreng terdiri atas campuran dari beberapa bahan yaitu, toge rebus, tahu goreng, mie kuning, dan ketupat. Kemudian disiram dengan bumbu khas campuran dari tauco bahan-bahan lainnya. Lebih nikmat disantap dengan kerupuk. 

4. Doclang















Doclang Bogor sebetulnya agak mirip dengan kupat tahu atau lontong bumbu. Doclang Bogor merupakan makanan khas tradisional Bogor yang terdiri dari campuran pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang, kecap manis dan kerupuk atau emping tangkil.


5. Mie Glosor














Bertandang ke kota Bogor ketika Ramadhan tiba, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas ramadhan satu ini, mie glosor.
Di bulan biasa, mie glosor sulit ditemukan. itu sebabnya, sajian ini menjadi menu yang diburu selama Ramadhan.
Sekilas melihat, mie glosor mirip mie kuning pada umumnya. Bedanya, bahan dasar pembuatan mie dari pewarna alami kunyit.

6. Dodongkal



DODONGKAL dan urab talas adalah menu makanan tradisional Bogor, Jawa Barat. Manis dan gurihnya sangat cocok untuk menemani momen bersantap.
Dodongkal terbuat dari beras yang digiling hingga menjadi tepung. Setelah itu, tepung dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren.“ Cita rasa dodongkal lahir tidak hanya dari bahan-bahannya, tapi juga alat memasaknya. Bahan-bahan itu dikukus dengan cetakan dari anyaman berbentuk kerucut lalu dimasukkan ke alat pengukus khas tradisional Sunda

7. Sate Cungkring


Cungkring sendiri memiliki arti kikil dalam bahasa setempat. Sesuai namanya resep cungkring khas bogor ini berbahan dasar kikil sapi yang telah di potong-potong. Cungkring khas bogor ini biasanya disajikan sebagai pendamping pada sajian nasi ataupun juga terkadang disajikan bersama dengan mie bogor.

8. Roti Unyil


Bila singgah ke Bogor rasanya kurang lengkap kalau tidak membawa roti unyil yang mungil. Ungkapan itulah yang cukup pas untuk mewakili bagi sebagian orang yang pernah menyinggahi kota ini. Salah satu oleh-oleh yang khas dari Bogor, Toko Roti Unyil sering disinggahi para penggemar roti ini, mereka rela mengantri hanya untuk mendapatkan roti unyil dengan aneka rasa.

9. Lapis Talas Bogor



Makanan Bogor yang sedang happening di mata wisatawan adalah Lapis Bogor. Ini adalah bolu lapis dari talas khas Bogor dengan warna ungu dan kuning serta toping keju dan beberapa rasa lain. Nama lengkapnya adalah Lapis Bogor Sangkuriang, namun wisatawan dan fans kue ini meyebutnya Lapis Bogor saja.

10. Manisan Pala


Salah satu oleh-oleh khas yang wajib diburu kalau berlibur ke Bogor adalah manisan buah. Buah yang banyak diolah menjadi manisan adalah pala, mangga, kedondong, pepaya, kemang, kebembem, dan jambu biji. Di Bogor, yang merupakan salah satu sentra produksi pala, manisan pala paling populer. Konon, manisan pala telah dikenal di Bogor sejak zaman Belanda, yaitu ketika petinggi-petinggi VOC banyak berdiam di kota hujan tersebut.
Ada dua jenis manisan pala, yaitu manisan pala basah dan manisan pala kering. Selain sebagai manisan, daging buah pala juga dapat diolah menjadi jeli, sirop, dodol, chutney, selai, sari buah, wine, dan cider pala.
Itulaah 10 kuliner khas bogor versi http://indonesia-luarbiasa.blogspot.com

Komentar